KOMPAS.com – Vivo resmi memboyong ponsel flagship terbarunya dari lini smartphone Vivo X80 collection ke Indonesia hari ini, Selasa (26/7/2022).

Pada peluncuran pertamanya, terdapat dua ponsel dari keluarga Vivo X80 sequence yang dihadirkan ke Tanah Air, yakni Vivo X80 versi “reguler” dan Vivo X80 Pro.

Adapun peluncuran yang mengusung tagline “#CinematicsRedifined” pada Vivo X80 series, smartphone tersebut dijanjikan akan memberi pengalaman 1 tap cinematic experienced kepada pengguna lewat rangkaian chip unggulan dan ZEISS Optics di Indonesia.

Baca juga: Early Pre Buy Vivo X80 dan X80 Professional Dibuka di Indonesia, Ini Benefitnya

Merchandise Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala mengatakan bahwa Vivo X80 sequence mengedepankan sektor kamera.

“Melalui Vivo X80 series, kami menghadirkan invovasi terbaru pada bagian kamera. Bukan hanya menggambarkan hasil yang cinematic, tetapi juga memberikan pengalaman baru dalam menangkap setiap momen bermakna Anda hanya dengan satu sentuhan,” papar Hadie, dalam acara peluncuran Vivo X80 collection yang ditayangkan secara on the web di kanal YouTube resmi Vivo Indonesia, Selasa (26/7/2022).

Dalam acara tersebut, Vivo menjelaskan hasil kerja samanya dengan Zeiss, salah satu perusahaan lensa kamera ternama di Jerman. Kamera yang dihadirkan Vivo X80 collection ini menggunakan kaca lensa buatan Zeiss.

“Dengan Vivo X80 series, kami bersama tim Vivo menciptakan sebuah smartphone baru dengan fitur yang menarik untuk fotografi dan videografi yang lebih profesional,” jelas Head of Class Management Consumen Product Zeiss Sebastian Döntgen.

Baca juga: Vivo X80 Sequence Dipastikan Rilis di Indonesia 26 Juli

Selain dari desain, Vivo X80 collection juga hadir dengan tampilan yang lebih elegan. Kedua ponsel flagship tersebut kompak mengusung bingkai curved style and design dan bahan cangkangnya menggunakan Fluorite AG Glass yang diklaim tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah spesifikasi Vivo X80 “reguler” dan Vivo X80 Pro di Indonesia.

Vivo X80 Professional mengusung layar berpanel AMOLED LTPO2 dengan diagonal layar 6,78 inci. Resolusi layar yang ditawarkan adalah QHD Additionally dan refresh fee yang bisa berubah otomatis dari 1-120 Hz.

Design layar yang diadopsi memiliki kesamaan dengan ponsel Android pada umumnya, yakni modul punch gap atau lubang kamera yang berada di tengah atas layar.

Sementara itu, di bagian belakang, Vivo X80 Professional dibekali dengan empat kamera belakang yang dilapisi kaca lensa Zeiss. Kamera tersebut disusun secara simetris dalam modul berbentuk persegi.

Baca juga: Vivo X80 dan X80 Professional Meluncur dengan Chipset Berbeda, Harganya?

Konfigurasi kamera yang dimiliki Vivo X80 Pro terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultra-broad 48 MP, dan dua kamera telefoto yang masing-masing punya resolusi 12 MP dan 8 MP. Sedangkan untuk kamera seflie beresolusi 32 MP.

Beralih ke sektor dapur pacu, Vivo X80 Pro akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dikombinasikan dengan chip buatan Vivo, yaitu Vivo V1 In addition.

Nantinya, rangkaian chip tersebut akan dipadukan dengan kombinasi RAM dan media penyimpanan 12 GB/256 GB. Pengguna dapat melakukan perluasan kapasitas hingga 4 GB dengan “meminjam” kapasitas ROM.

Vivo X80 Professional ditopang dengan baterai 4.700mAH yang mendukung teknologi Flash Demand berdaya 80 watt.

Kemudian, fitur pendukung lainnya untuk melengkapi ponsel ini adalah sistem keamanan perangkat yang mampu membuka layar dalam waktu ,2 detik. Lalu, luas location sensor fingerprint juga 11,1 kali lebih besar dibanding ponsel sekelas Vivo lainnya.

Baca juga: Mengintip Spesifikasi Vivo X80 dan X80 Professional Sebelum Meluncur di Indonesia

Spesifikasi Vivo X80

Dari segi layar, Vivo X80 “reguler” mengadopsi panel AMOLED reguler dengan ukuran layar seperi versi “Pro”, yakni 6,78 inci. Lalu, resolusi layarnya mentok sampai Total Hd In addition dan memiliki refresh fee hingga 120 Hz saja.

Model layar yang diadopsi juga sama seperti dengan Vivo X80 Professional yang memiliki modul punch hole untuk memuat kamera selfie 32 MP.

Beralih ke sektor fotografi, posisi dan resolusi kamera depan Vivo X80 “reguler” serupa dengan versi “Pro”-nya. Hanya saja, terdapat perbedaan pada konfigurasi kamera belakangnya.

Di punggung ponsel, Vivo X80 “reguler” hanya punya tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX 866 RGBW, kamera ultra-broad 12 MP, dan kamera telefoto yang beresolusi 12 MP.

Baca juga: Vivo Y30 5G Meluncur dengan Chipset Dimensity 700 dan Kamera 50 MP, Ini Harganya

Secara hardware, ponsel ini diotaki oleh rangkaian chip milik MediaTek, Dimensity 9000 yang diklaim memiliki kecepatan rendering grafis (GPU) lebih tinggi, yakni mencapai 10 persen dan efisiensi energi sebesar 15 persen, dibanding chip generasi sebelumnya.

Kinerja dari chip besutan MediaTek itu juga mengalami peningkatan hingga 45 persen. Sehingga konsumsi daya yang diperlukan dapat berkurang sampai 40 persen dibanding Dimensity 1200.

Seperti versi “Pro”, Vivo X80 ‘reguler’ juga akan dikombinasikan dengan chip Vivo V1 Additionally.

Chipset ini dipadukan dengan RAM 12 GB dan memori interior 256 GB. Sama seperti versi “Pro” versi ‘reguler juga didukung fitur Extended RAM hingga 4 GB.

Vivo X80 “reguler” ditopang oleh baterai berkapasitas 4.500mAh dan mendukung fitur pengisian daya cepat (quick charging) 80 watt. Fitur lain yang dimiliki Vivo X80 adalah dua buah stereo (twin stereo).

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo agar Privasi Terjaga

Varian warna yang hadir untuk Vivo X80 sequence tersedia dalam dua pilihan, yakni Cosmic Black dan Urban Blue. Di Indonesia, Vivo X80 sequence bisa dibanderol mulai dari harga Rp 11 jutaan. Berikut adalah rincian harganya:

  • Harga Vivo X80 RAM 12 GB/256 GB: Rp 11,9 juta
  • Harga Vivo X80 Professional RAM 12 GB/256 GB: Rp 15,9 juta

Vivo X80 series sudah bisa dipesan (pre-buy) mulai 26-29 Juli 2022 secara on-line dan offline di gerai rekanan. Seperti biasa, Vivo menawarkan beberapa benefit untuk pembelian secara pre-order.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking information setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian sign up for. Anda harus set up aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topics #Advanced computer #computer #Electronics #Hardware #Software